1.
Alasan manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Manajemen pemasaran adalah suatu
analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan,membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.Manajemen
pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara
yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi.Karena itu manajemen pemasaran
sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2.
Perbedaan
kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran.
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang penting
bagi kehidupan seseorang,karena hal tersebut dibutuhkan atau diperlukan oleh
seseorang untuk mempertahankan hidup dan untuk dapat hidup sejahtera,hal
tersebut harus dipenuhi karena apabila tidak terpenuhi dapat menganggu kelangsungan
hidup seseorang yang dapat membuat hidup seseorang menjadi tidak sejahtera. Kebutuhan
tersebut tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar.
Sedangkan keinginan adalah segala
sesuatu tambahan dari kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu dan jika hal itu
didapatkan maka orang tersebut merasa lebih puas,namun jika seseorang tidak
mendapatkannya hal tersebut tidak menganggu dan tidak mempengaruhi kehidupan
seseorang tersebut.Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dari dalam diri dan
institusi sosial.
Dari hal tersebut terdapat perbedaan
yaitu pemasar tidak menciptakan kebutuhan tetapi pemasar mempengaruhi suatu keinginan
seseorang dengan menciptakan suatu barang yang menarik sehingga membuat orang
berkeinginan untuk membelinya.
3.
Perbedaan pasar
dan pemasaran.
Ø
Pasar
Pasar adalah kelompok individual
(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu,berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
Ø
Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya
melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaan.
4.
Penjelasan
mengenai bauran pemasaran(marketing mix).
Ø Bauran pemasaran merupakan suatu
perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan,
dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen
yang dipilih.Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola
unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang
dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.
Ø Kotler (2000:18) mendefinisikan
bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan
untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran.
Ø Bauran pemasaran merupakan
variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi
konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.
Bauran pemasaran terdiri dari:
Ø
Produk.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.
Ø
Harga.
Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
Ø
Tempat.
Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.
Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.
Ø
Promosi.
Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar