Jumat, 28 November 2014

Tugas 7


1.      Alasan manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan,membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi.Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

2.      Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran.

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang penting bagi kehidupan seseorang,karena hal tersebut dibutuhkan atau diperlukan oleh seseorang untuk mempertahankan hidup dan untuk dapat hidup sejahtera,hal tersebut harus dipenuhi karena apabila tidak terpenuhi dapat menganggu kelangsungan hidup seseorang yang dapat membuat hidup seseorang menjadi tidak sejahtera. Kebutuhan tersebut tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar.

Sedangkan keinginan adalah segala sesuatu tambahan dari kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu dan jika hal itu didapatkan maka orang tersebut merasa lebih puas,namun jika seseorang tidak mendapatkannya hal tersebut tidak menganggu dan tidak mempengaruhi kehidupan seseorang tersebut.Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dari dalam diri dan institusi sosial.

Dari hal tersebut terdapat perbedaan yaitu pemasar tidak menciptakan kebutuhan tetapi pemasar mempengaruhi suatu keinginan seseorang dengan menciptakan suatu barang yang menarik sehingga membuat orang berkeinginan untuk membelinya.

3.      Perbedaan pasar dan pemasaran.

Ø  Pasar
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu,berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.

Ø  Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

4.      Penjelasan mengenai bauran pemasaran(marketing mix).


Ø    Bauran pemasaran merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih.Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.

Ø     Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran.

Ø     Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.


Bauran pemasaran terdiri dari:

Ø  Produk.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.

Ø  Harga.
Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.

Ø  Tempat.
Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.

Ø  Promosi.
Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar